[Telegram Bot] Tarjimli - Terjemah Indonesia Arab


Pendahuluan

Bismillah,

Telegram merupakan salah satu platfrom chat yang cukup banyak digemari oleh orang orang selain whatsapp. Terlebih dengan disediakannya fasilitas API yang dapat digunakan untuk membuat bot, gratis pula. Juga berbagai fitur yang di tawarkan, sehingga bot terlihat lebih cantik dan mudah digunakan.

Sedangkan Tarjimli bot, memanfaatkan layanan telegram ini, yang berfungsi untuk menterjemahkan indonesia arab. Dengan tampilan yang mudah difahami, saya berharap semoga bot ini dapat bermanfaat untuk banyak orang.

Catatan

Untuk sementara, bot ini hanya bisa terjemah Indonesia - Arab, adapun terjemahan Arab Indonesia belum dapat saya implementasikan. Tunggu versi selanjutnya yah..

@tarjimli_bot

Anda juga dapat menonton langkah lewat video

Untuk bisa mengunakan bot ini, anda diharuskan untuk menginstall telegram di device anda. Kemudian cari akun dengan nama tarjimli_bot. Kemudian pencet tombol start dibawah.

Andapun dapat meng-click link ini: https://telegram.me/tarjimli_bot

Setelah anda menekan tombol start anda akan mendapatkan balasan dari bot, dan ada beberapa tombol dibawah. Fokus dengan layanan:

  1. Arab - Indonesia : Belum aktif
  2. Indonesia - Arab : Aktif
  3. Nama - Pegon : Aktif
  4. Angka - Arab : Aktif

Saya kira, tombol tombol di atas sudah dapat mewakili maksudnya yah.

Jadi, misal anda akan mencari arti kata keyboard, maka cukup anda menekan tombol Indonesia - Arab. Tunggu sebentar sampai ada balasan dari bot, kemudian masukkan kata yang akan anda cari. Kemudian klik kirim.

Namun, ternyata apabila anda akan membatalkan pencarian, cukup ketikkan /cancel dan kemudian klik kirim. Maka pencarian akan dibatalkan.

Sekian, semoga bermanfaat dan dapat difahami dengan baik. Kalau belum, andapun dapat menghubungi saya di https://telegram.me/ibnamin.